EVALUASI

EVALUASI

  1. 1.      Pengertian

Istilah evaluasi berasal dari bahasa inggris yaitu “evoluation” istilah ini diterjemahkan kedalam bahasa indonesia yang artinya “penilaian”. Dan penilaian ini adalah suatu hal yang selalu dilakukan manusia dalam kehidupannya. Penilaian terlebih dahulu harus melakukan kegiatan pengukuran, dan pengukuran dapat dilakukan bila tersedia objek/ benda yang akan diukur serta kriteria / ukuran.

Menurut suharsumi arikunto (1986:3), evaluasi meliputidua bagian yaitu mengukur dan menilai. Mengukur adalah membandingkan suatu dengan satu ukuran, bersifat kuantitatif, dan penilaian yaitumengambil keputusan terhadap suatu dengan suatu ukuran baik/buruk,sifatnya kualitatif. Menurut edwind wand dan gerald w. brown ( dalam wayan kuncana ) suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari pada sesuatu, sedangkan pengukuran suatu tindakan atau proses untuk menentukan luas atau kuantitas dari pada sesuatu, jadi penilaian tidak dapat dilakukan jika sebelum melakukan pengukuran terlebih dahulu.

Proses evaluasi pada AUD tidak sama dengan evaluasi pada tingkat SD, SLTP, dan SLTA. Pada AUD evaluasi diganti dengan asesman yaitu proses pengamatan, pencatatan, dan pendokumentasian kinerja siswa dan bagaimana ia melakukan sebagi dasr pengambilan keputusan pendidikan anak yang berguna bagi siswa. Asesmen tidak digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu program belajar tetapi untuk mengetahui perkembanangan atau kemajuan anak. Asesemen tidak dilakukan pada akhir kelas tapi dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan sehinggga kemajuan siswa dapat diketahui. Evaluasi adalah suatu prose memilih, mengumpulkan, dan menafsirkan informasi untuk membuat keputusan, dan dalam perencanaan pembelajaran evaluasi dimaksudkan untuk mengukur apakah tujuan atau kemampuan yang telah ditetapkan dapat tercapai, dan diantara tujuan mengevaluasi AUD yaitu :

  • Merencanakan pembelajaran individual dan kelompok, dan untuk berkomunikasi dengan orang tua
  • Mengidentifikasi anak yang memerlukan bantuan atau layanan khusus
  • Evaluasi di pada anak usia dini sangat erat kaitannya dengan pembelajaran, dan evaluasi ini tidak hanya difokuskan pada hasil belajar anak tetapi yang turut di evaluasi adalah aspek-aspek perkembangan anak, dan disini dituntut keterampilan guru dalam mengetahui dan memahami jenis evaluasi yang tepat bagi anak agar hasilnya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
  1. 2.      Prinsip-prinsip asesmen
  • Holistic

Asesmen meliputi semua aspek perkembangan anak, seperti fisik motorik, social.moral, emosional, intelektual, bahasa dan kreativitas. Harapannya adalah semua aspek perkembangan tersebut berkembang secara optimal, sehingga setiap anak tumbuh dan berkembang menjadi manusia seutuhnya.

  • Otentik

Yaitu assmen dilakukan melalui kegiatan yang riil, fungsional, dan alami dengan harapan hasil asesman menggambarkan kemampuan anak yang sesungguhnya.

  • Kontinyu

Yaitu asesmen dilakukan secara harian, mingguan, tergantung pada kapan guru memandang saat yang tepat bagi seorang anak untuk melihat kemapuannya pada aspek tertentu

  • Individual

Asesman dilakukan uuntuk mengamati perkembangan siswa secara individual meskipun dilakukan saat melakukan kegiatan kelompok. Asesman tidak membandingkan hasil kerja siswa yang satu dengan yang lainya tetapi berusaha untuk mengungkapkan kelebihan, kelemahan, dan kebutuhan siswa.

  • Multi sumber dab mukti kompleks

Asesmen dilakukan pada berbagai konteks. Guru jug dapat menggunakan berbagai sunber informasi selain observasi dan karya anak juga perlu mendiskusikan hasil pengamatannya dengan orang tua, anak, dan dengan para professional agar informasi yang diperoleh lebih lengkap.

  1. 3.      Teknik asesmen

Cara melakukan asesmen yaitu:

Kegiatan peengamatan

Pencatatan

Pendokumenntasian

Kemudian hasil dicatat dalam bentuk kartu perkembangan anak.

  1. 4.      Komponen asesmen
    1. Aspek fisik motorik

Motorik kasar

a)         Memanjat tali

b)         Berlari

c)         Menendang bola

d)         Menagkap bola

e)         Skiping

Motorik halus

a)         Mengancing baju

b)         Menggunting pola

c)         Menali sepatu

d)         Mewarnai pola

e)         Memasang resleting

Organ sensoris

a)         Mendengarkan perintah guru

b)         Menyebutkan ciri-ciri benda

c)         Mampu membedakan berbagai macam rasa

Kesehatan badan

a)         Seimbang tinggi dan berat

b)         Aktif dan lincah

c)         Catatan kehadiran baik

 

 

  1. Aspek perkembangan kognitif

Informasi /pengetahuan figurative

a)         Mengenal nama warna

b)         Mengenal nama berbagai bentuk

c)         Mengenal bagian tubuh

d)         Mengenal nama dan alamatnya

Pengetahuan procedural

a)         Menjelasakan bagaimana pergi dan pulang sekolah

b)         Mampu membandingkan benda

c)         Menghitung, menata, mengurutkan,, mengklasifikasikan

Pengetahuan temporal

a)         Mengetahui nam hari dan tanggal

b)         Mengetahui waktu

c)         Mengenal kecepatan

Memori

a)         Mengingat alphabet

b)         Mengingat nam teman

c)         Mengingat nam hari

  1. c.   Aspek perkembangan moral

a)         Mengenal aturan sekolah

b)         Mengenal sopan santun

c)         Mengenal otoritas

  1. Aspek perkembangan social

Interpersonal

a)         Mampu bermain bersama

b)         Mau bergantian dan antri

c)         Mengikuti perintah guru

Personal

a)         Mampu merespon dan menjawab pertanyaan guru

b)         Mampu mengekspresikan diri

c)         Percaya diri untuk bertanya,mengemukakan ide,tampil,dsb

d)         Mandiri saat makan,bekerja,memakai pakaian ,dsb

e)         Mau ditinggal atau tidak ditunggui orang tua selama sekolah

  1. Aspek perkembangan emosional

a)         Menunjukkan rasa  aying pada teman

b)         Menunjukkan rasa empati

c)         Mengontrol emosi

  1. Kemampuan dalam disiplin

Matematika dan berhitung

a)         Menghitung benda 1-5

b)         Menghitung benda lebih dari 10

c)         Mengenal angka 1-5

d)         Menjumlahkan sampai 5

Sains

a)         Kemapuan observasi

b)         Mengkomunikasikan hasil observasi

c)         Menggunakan ruang dan waktu

d)         Kemampuan klasifikasi

Pengetahuan social

a)      Mengenal nama teman

b)      Memiliki teman bermain

c)      Menghargai pendapat oatnag lain

d)      Menunjukan rasa empati

Bahasa

a)      Mampu berkomunikasi danagn orang dewasa dan teman sebaya

b)      Memiliki pembendaharaan yang cukup

c)      Mampu mengkomunikasikan ide melalui drama, bermain, atau tulisan

Seni

a)      Mampu mengekpresikan ide melalui  gambar

b)     Mampu mengekpresikan diri melalui drama

c)      Mampu mengikuti lagu dan senang bernyanyi

 

  1. 5.      Instrument asesmen

Dari unsur penilaian yang disebutkan di atas guru dapat mengembangakan instrument penilaian. Untuk kelas dengan banyak siswa guru dapat menggunakan ceklist pada daftar cek.

Contoh :

Asesmen : kompetensi personal

Nama:

Usia  :

Hari dan tanggal:

Penilaian             :

Unsur  yang dinilai 1 2 3 4
Tanggung jawab        
Motivasi belajar        
Bekerja mandiri        
Memperhatikan guru        
Mampu mengatasi konflik        

 

  1. 6.      Portofolio

Merupakan bentuk organisasi hasil belajar anak, biasanya ddalam suatu folder yang berisikan contoh hasil beljar yang menunjukan kemampuan anak.

Portofolio biasanya berisi:

  • Contoh tulisan anak
  • Contoh gambar  anak
  • Kesan anak tentang pendapatnya belajar di TK
  1. Cara penilaian

Penilaian pada AUD hendaknya didasarkan pada kemajuan belajar atau perkembangan individual. Dan sebagai seorang guru kita menganggap bahwa semua anak itu sama, bagaimanapun kondisi anak harus dikembangakan secara optimal. Pemberian nilai anak dapat dilakukan dengan pemberian gambar ekspresi, misalnya tertawa,menangis,dll.

  1. Portofolio

Merupakan bentuk organisasi hasil belajar anak yang biasanya diletakka di suatu folder yang berisikan contoh-contoh hasil belajar yang menunjukkan kemampuan anak, dan biasanya portofolio ini diberikan kepada anak ketika telah selesai TK, dan sebagai contoh guru memberikan laporan kemajuan belajar anak.

Dan ada beberapa hal yang biasa ditulis di portofolio diantaranya :

  • Contoh tulisan anak
  • Contoh gambar dan ekpresi seni anak
  • Contoh hasil karya anak
  • Evaluasi diri, yaitu kesan atau pendapat anak tentang kemajuan belajarnya di TK.
  1. 9.      Laporan kemajuan belajar

Unsur-unsur dalam lapoaran kemajuan belajar anak:

1)      Identitas anak

2)      Nama guru

3)      Tahun dan semester

4)      Kemampuan yang dinilai

5)      Contoh hasil belajar

6)      Contoh hasil yang diambil dari portofolio

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Suyanto, S. 2005. Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasioanl.

Masyitoh,dkk, 2008.Strategi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka.

Tim penyusun, 2008. Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Pendidikan : Universitas Negeri Padang.

Hartati, Sri.2010.Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Fakutas ilmu pendidikan : Universitas Negeri Padang.

http://syairaatifa.blogspot.com/2011/01/bab-i-pendahuluan.html

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: