Tahap-tahap menuju kedewasaan

13 Des

 

Banyak orang yang berpikir bagaimana cara menjadi seseorang yang dewasa. Dewasa yang dimaksud di sini bukan dalam artian usia, melainkan sikap dan kepribadian, atau dengan kata lain lebih mengarah ke karakter seseorang. Tidaklah mudah menjadi pribadi yang dewasa. Hal ini membutuhkan proses, dan setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk menuju kedewasaan tersebut.  Seseorang yang dianggap dewasa sering dijadikan tempat untuk meminta pendapat, saran, atau mungkin hanya sekedar diminta menjadi pendengar yang baik oleh orang lain. Untuk itu seorang yang dewasa haruslah memiliki pengetahuan yang luas untuk dapat memberikan saran atau pendapat kepada orang lain. Jadi bisa dikatakan, orang yang memiliki pengetahuan yang luas bisa bersikap lebih dewasa dibandingkan dengan yang tidak, meskipun hal ini tidak bisa dijadikan sebagai acuan.

Analisis

Tahap-tahap menuju dewasa yang harus dilakukan untuk menambah pengetahuan kita sekalian :

  1. Coba untuk tertarik dengan semua hal baru

Dengan mencoba tertarik kepada sesuatu hal yang baru, itu akan membuat diri kita menjadi ingin tahu lebih tentang semua yang berkaitan dengan hal-hal baru tersebut.

  1. Pelajari hal baru tersebut

Disinilah proses yang paling penting, dimana kita harus menggali/mencari tahu lebih banyak tentang hal baru tersebut, entah itu dari segi positif ataupun segi negative.

  1. Pisahkan nilai positif dan negatif dari hal baru yang sudah anda pelajari

Secara tidak langsung kita akan dilatih menjadi lebih dewasa ketika kita bisa memisahkan nilai positif dan negatif dari hal baru yang sudah anda pelajari.

  1. Terapkan dalam kehidupan sehari-hari

Mempraktekan adalah tahap terakhir dari sebuah proses pembelajaran, Menerapkan nilai-nilai positif dengan mengetahui nilai negatif dari sesuatu adalah tahapan awal seseorang akan dikatakan dewasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: