karakter anak dan kepribadian anak: pendidikan dan pembentukan karakter anak yang baik dan benar

23 Nov

Itu disebabkan masih minimnya perhatian kita terhadap karakter anak dan kepribadian anak. Sebaliknya, seringkali kita dapati berita-berita negatif tentang perkelahian pelajar, tawuran antar anak sekolah, serta hal-hal negatif lainnya. Sebagaimana layaknya di surat kabar, berita-berita heboh dan negatif lebih “mudah dijual” daripada berita-berita positif dan membangun. Harus diakui, bahwa surat-surat kabar kita masih banyak menekankan unsur “dagangan” daripada pendidikan masyarakat.

Bapak ibu yang budiman, bukan maksud saya untu menjustifikasi bahwa surat kabar jelek. Namun kita sebagai orang tua yang sedang belajar untuk membentuk karakter anak dan kepribadian anak yang baik, mestilah memilih sumber informasi dan asupan ilmu yang terpilih yang masuk ke dalam otak kita.

Bagaimana mungkin kita menghasilkan generasi penerus yang memiliki karakter dan kepribadian luhur sementara kita sebagai pendidik tidak memiliki karakter dan kepribadian yang baik?
Jangan merokok di depan anak-anak. Bahkan akan lebih baik buang saja rokok itu selamanya dari kehidupan Anda selamanya. Karena mereka bisa mencontoh Anda jauh lebih buruk ketimbang orang tua / pendidiknya.

Jangan shopping tanpa arahan sehingga boros dan kebanyakan barang di rumah Anda tanpa guna. Hentikan kebiasaan boros dan hiduplah mulai lebih teratur. Anak-anak Anda akan terbiasa kurang pintar dalam mengelola keuangan mereka. Istilah Robert Kiyosaki adalah kurang financial knowledge.

Jangan berbohong dan bertengkar di depan anak Anda. Selain trauma, yang terbentuk dalam karakter dan kepribadian mereka adalah bahwa untuk menyelesaikan masalah adalah hanya dengan berbohong dan bertengkar. Titik.

Saya mengamati dari klien-klien saya serta dari literatur dan banyak bacaan, bahwa anak-anak itu sangat polos sekali pada awal kehidupan mereka. Namun karena pendidikan karakter dan kepribadian yang salah dari orang tua menyebabkan mereka mengalami hambatan dan kesulitan dalam berkembang.

Jadi, Bapak dan Ibu yang budiman, mari kita mulai dari diri kita untuk membentuk karakter yang lebih baik, agar kepribadian kita pun menjadi contoh teladan bagi anak-anak kita.
Bila Anda ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai karakter dan kepribadian anak Anda, bagaimana pendidikan karakter anak usia dini, pembentukan karakter anak dan sebagainya, segera hubungi saya sekarang ya.
oleh :leni (15827)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: